The Pasific movie (Film perang Pasific)

HBO Miniseries) The Pacific
Directed by Stephen spielberg


Pertengahan 2010 HBO Menghadirkan sebuah Mini seri yang berjudul “The Pasific”. My hobby is wacth a movie,, apalagi film2 yang ber genre perang dengan latar belakang sejarah, epic, atau jenis collosal.

The pacific menggambarkan keadaan perang dunia II di daerah Pasifik antara Amerika (Sekutu/ allied forces) dengan pasukan kaisar Jepang (Poros/axis). Gedung putih (Amerika) menyatakan perang dengan jepang setelah Pada tanggal 7 desember 1941 pearl harbour (Pangkalan angkatan laut Amerika) diserang oleh pesawat-pesawat jepang yang meninggalkan korban dan kerugian sangat besar.

Pada Film HBO terdahulu yang juga bertema perang dunia II “Band of brothers” tidak pernah membosankan untuk ditonton,,karena panjangnya cerita film ini dari pendaratan pantai Normandy, penerjunan pertama pasukan lintas udara melalui dataran inggris sampai perjalanan dari kota saint marry, bastogne, holand kamp holocaust dan dengan satu tujuan .. berlin (hitler).

Kalo di film Band of brother tentang Pasukan penerjun lintas udara (Airborne easy company), Film The pacific Menggambarkan kisah dari armada laut (marinir) pada perang Pasifik (perang dunia II), dimana pasukan Amerika menyerang balik invasi pasukan jepang dengan taktik Lompat katak. Steven Spielberg dengan Tom hanks, Ambrose dll, adalah orang-orang yang sangat kreatif dalam mengemas sebuah kisah nyata tentang perang dengan unsur patriotisme, action, drama menjadi sebuah film yang realistis dengan alur yang maju yang Tidak membosankan.
Seandainya kita sebagai tentara Amerika, manakah yang dipilih Pasific atau daratan Eropa. Keduanya sama-sama berbahaya, musuh yang dihadapinya juga terjenal kejam, daerah hutan tropis seperti peleliu (the pacific) dengan daerah cuaca dingin seperti bastogne (Band of Brothers).

Di Film The pacific menggambarkan keadaan Marinir (US.MARINE) yang bertempur dari pulau ke pulau hingga mendekati jepang. Karena saat itu kekuasaan dominasi jepang sangat luas dan hanya Australia yang masih bisa bertahan, sehingga dapat gunakan sebagai transit bagi amerika.
Scene demi scene di ceritakan lewat tiga orang marine : Robert Leeckie, Eugene Sledge dan John Basilone.
Film ini terdiri dari 10 episode yakni :
1. Leckie and Philips land on Guadalcanal (Leekie dan Philips mendarat di Pulau Guadalcanal
2. Basilone arrive on Guadalcanal, defend from air assault (Basilone Tiba di Guadalcanal, bertahan dari serangan bom)
3. Melbourne (Marine ke Melbourne, leckie jatuh cinta dengan gadis Australia - yunani)
4. Leckie get ill diease (Leckie menderita penyakit)
5. Sledge Gets His first combat on Peleliu (Sledge terjun ke perang pertamanya di peleliu)
6. Sledge, leckie and other marines attempt to capture the Peleliu airfield
7. The marines continue the battle of Peleliu to the end
8. Basilone train Troops for combat (Basilone malatih tentara untuk perang)
9. Sledge and the rest of 1st marine division ordered to relieve an army division
10. after The Japanese surrender, The marine goes home

Film ini juga menggambarkan lokasi-lokasi pertempuran penting pihak amerika yaitu:
Guadalcanal, Cape Gloucester,Peleliu, Iwo Jima (The battle of iwo jima),Okinawa.


Ada kalimat yang terucapkan dari ayah Eugene bahwa, hal terburuk bagi yang terlibat
Dengan peperangan bukanlah tentang luka pada badannya yang robek tetapi jiwanya yang telah robek.. tatapan penuh cinta menjadi api dan tidak ada kehidupan (cinta) pada dirinya.
Amerika sendiri adalah negara yang berjuang demi kemerdekaan (independence day) hingga perjuangannya dapat dicapai sendiri. Seperti yang sudah sudah tidak ada sebuah penyerangan yang dimulai oleh Amerika, perang terjadi karena amerika diserang dan dunia membutuhkan bantuan pertahanan. Australia mengatakan amerika adalah penyelamatnya, prancis, inggris, korea selatan, beberapa Negara afrika juga berterima kasih, dan tidak ada secuil wilayah diambil oleh amerika. Sebagai Negara yang juga berjuang untuk merdeka, memiliki patung liberty dan juga memprakarsai Human Rights (HAM). Amerika tidak ingin ada perang di dunia ini or USA doesn’t want a war in this world, but they have to war because the world in dangerous of war.

Indonesia Saat perang pasifik

Wilayah INDONESIA saat itu bernama hindia belanda (NETHERLANDS EAST INDIES) juga merupakan daerah yang saat itu diambil alih oleh Jepang bernama seperti, borneo yang sekarang menjadi Kalimantan,Brunei,Malaysia juga Saat itu pasukan terjadi pertempuran antara Australia melawan kedudukan Jepang di pulau borneo (tarakan, balikpapan ), Jawa dll.

Saat Perang Dunia Ke II berlangsung Tentara Jepang saat itu dikatakan pasukan kejam (di Indonesia=romusha), sama mungkin kejamnya dengan Nazi dan Tentara Merah (soviet). Jepang lebih baik mati oleh musuh atau bunuh diri daripada ditawan (menyerah),,tidak peduli tentang keadaan saat perang, Mati atau istilah Harakiri menurutnya adalah Terhomat seperti pahlawan.
Padahal pandangan tentang Pahlawan adalah memperjuangkan Hak asasi manusia lain yang haknya telah diambil, Label Pahlawan bukan diclaim dari dirinya. Itulah yang membedakan Upah,Reward dan Nobel.

Ketika Belanda menyerah kepada kekaisaran Jepang Pada Tanggal 8 Maret 1942 , kota Batavia jatuh ke tangan Jepang. Dalam rangka memperkuat armada militernya dalam Perang Pasifik, Jepang membentuk angkatan dari pemuda-pemuda indonesia, seperti PETA.

Sepertinya Amerika memainkan Peranan penting dalam Perang Dunia Ke II sebagai pihak yang Tidak menginginkan Invansi Jepang dan Jerman. Amerika mungkin saja tidak akan mngerahkan pasukannya secara besar-besaran jika saja jepang tidang menyerang terlebih dahulu (pearl Harbour). Tetapi Amerika yang tadinya terlihat pasif  menjadi Agresif dengan membalas serangan kekuatan poros.

Tentu saja kita tahu kalimat-kalimat inspirasi dari rosevelt dan Churchil yang terkenal, yang memberikan semangat perjuangan bagi tentara sekutu.

Di pelajaran buku sekolah dulu mungkin tertulis Pihak sekutulah yang menjatuhkan bomb,, tapi siapakah Tepatnya pihak sekutu ini??, bukankah Honduras, Ekuador, Chili juga sekutu…yang paling berperan adalah Amerika.

Jepang menyerah kepada Amerika Serikat 15 Agustus 1945 Dan peran dunia II berakhir ketika Jepang menandatangani dokumen Japanese Instrument of Surrender di atas kapal USS Missouri pada tanggal 2 September 1945 diwakili oleh Jendral Douglas McArthur dan Mamoru Shigemitsu
http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Dunia_II

- Indonesian’s Freedom is because USA Win the battle against Japan Invasion.
- Lahirnya BPUPKI dan sebuah Negara “Indonesia” (hindia belanda)
Indonesia merupakan negara yang memproklamasikan kemerdekaannya setelah Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945. Pada tanggal 17 agustus 1945 diproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun pihak Holland tidak mengakui hal tersebut didasari dengan pengaturan yang diumumkan sebelumnya bahwa daerah-daerah yang dikuasai jepang dikembalikan kepada kolonial awal dalam hal ini adalah belanda. Setelah lewat berbagai agersi militer, perundingan-perundingan juga tekanan dari amerika, belanda akhirnya menyerahkan wilayah Indonesia kepada pemerintah RI.

Perjanjian Roem Royen.
pihak internasional melakukan tekanan kepada Belanda, terutama dari pihak Amerika Serikat yang mengancam akan menghentikan bantuannya kepada Belanda, akhirnya dengan terpaksa Belanda bersedia untuk kembali berunding dengan RI. Pada tanggal 7 Mei 1949, Republik Indonesia dan Belanda menyepakati Perjanjian Roem Royen.
Konferensi Meja Bundar adalah sebuah pertemuan antara pemerintah Republik Indonesia dan Belanda yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda dari 23 Agustus hingga 2 November 1949. Yang menghasilkan kesepakatan:
• Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia Serikat.
• Irian Barat akan diselesaikan setahun setelah pengakuan kedaulatan.
• Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada 27 Desember 1949, dan Sebagian besar penduduk Belanda mengakui kesalahan Belanda.
Tugu/monumen Untuk Sekutu Monument For Allied forces in indonesia
Tugu Australia di Tarakan Kalimantan
Tarakan istilah dari Tengkayu yang berasal dari bahasa tidung berarti daerah yang dikelilingi laut. Lokasinya terletak dengan perbatasan Sabah, Malaysia.
Tugu australia yang dibangun merupakan salah satu bukti sejarah perang pasific di Tarakan,borneo (sekarang kalimantan), Berlokasi di dekat Kantor Walikota Tarakan.
Tugu ini dibangun untuk mengenang 225 tentara australia Bridge ke-26 devisi 9 yang tewas dalam pembebasan Tarakan (Borneo) Kode sandi operasi untuk merebut Tarakan adalah Oboe 1 (Operation Borneo 1).

Bangunan ini berbentuk persegi panjang dan pada awalnya monumen tersebut juga difungsikan sebagai tanda pintu gerbang memasuki komplek makam yang berada di bagian utara, Atas permintaan Pemerintah Australia seluruh makam di pindahkan ke negara asalnya.

TUGU AUSTRALIA DI BALIKPAPAN
Sementara Amerika Serikat berperang di Philipina dipihak Australia mengerahkan Puluhan ribu serdadu Divisi Ketujuh yang dipimpin Mayor Jendral EJ Milford yang ditugaskan untuk mengambil alih Balikpapan. Bersama dengan pasukan yang akan menyerang Brunei dan Tarakan, pasukan marine ini bertolak dari pulau Morotai di Maluku. Divisi Ketujuh merupakan pasukan berpengalaman dalam perang di Papua Nugini. Meskipun para serdadu Australia yang tewas dalam PD II di Balikpapan antara Mei-Agustus 1945 itu dikuburkan di Pulau Labuan, sebuah pulau kecil di Teluk Brunei, di wilayah Kesultanan Brunei sekarang, namun hal itu tidak mengurangi rasa terima kasih kita. Terukir di tugu peringatan pada bundaran di Km.1 jalan Protokol Balikpapan itu, 229 serdadu Australia tewas dan 634 luka-luka sepanjang pertempuran antara Mei-Agustus 1945. Australian And New Zealand Army (ANZAC) Day atau Hari Pahlawan Australia yang diperingati pada tanggal 25 April di balikpapan atas jasa-jasa para serdadu Australia dalam perlawanan mereka mengusir japan emperor.
Hal yang Tragis adalah tewasnya tawanan perang australia di sandakan malaysia.
Hanya enam Australia dari 2400 tahanan selamat dari "march kematian" - mereka selamat karena mereka dapat melarikan diri dari kamp di Ranau, atau melarikan diri selama perjalanan dari Sandakan. Tidak ada tahanan Inggris selamat. Ini bagian dari perang dianggap oleh banyak orang sebagai kekejaman terburuk yang pernah diderita oleh tentara Australia, dan membandingkannya dengan kekejaman Kereta Api Burma. Source http://www.borneo.com.au/auswar.htm

Tugu General Douglas Mc Arthur dan Museum di Bukit Makatur(Ifar Gunung) Jayapura,Irian.
Tugu ini didirikan sebagai apresiasi dan bukti Jendral Mc Arthur pernah berada di bukit ini mendirikan markas.
Tugu General Douglas Mc Arthur terletak dengan danau sentani.
Didalam Museum terdapat gambar-gambar dan cerita yang menceritakan riwayat perjalanan Jend Mac Arthur saat Perang pasific melawan Jepang hingga kemudian mendirikan markasnya di bukit makatur dan mengusir Jepang dari Irian jaya.

“Build me a son whose heart will be clear, whose goals will be high;
a son who will master himself before he seeks to master other men;
one who will learn to laugh, yet never forget how to weep;
one who will reach into the future, yet never forget the past...”Happy fourth Of July…
(General Douglas Mc Arthur)

Season 1, Episode 1: Guadalcanal/Leckie
Original Air Date—14 March 2010
Directly following the attack on Pearl Harbor, Seargent John Basilone ships out to fight the enemy somewhere in the Pacific, and a young journalist called Robert Leckie enlists in the Marine Corps. Sidney Phillips ships off to boot camp after saying farewell to his friend Eugene Sledge, who cannot go with him due to a heart murmur. Eight months later, Phillips and Leckie, having completed boot camp are sent to secure a airfield on Guadalcanal, and to help defend it against counterattack.

Episode 2: Basilone
Original Air Date—21 March 2010
By October 1942, the Marines on Guadalcanal are fighting hunger and the jungle as well as the Japanese. The arrival of an Army unit helps somewhat but the Marines realize just how under-equipped they are by comparison. The Japanese are reinforcing their troops with ease and the men are facing nightly attacks at Henderson Field. Sgt. John Basilone takes charge during a particularly powerful Japanese attack and is recommended for a medal. He loses a close friend however. Back home Eugene Sledge, no longer needing his father's permission to sign up, announces he is going to enlist in the Marines.

Episode 3: Melbourne
Original Air Date—28 March 2010
After four months of combat on Guadalcanal, the 1st Marine Division is relieved and the men are transported to Melbourne, Australia. Shocked and befuddled by the heroes' welcome they receive, the men soon find that they are in something akin to paradise with plenty to eat, drink and an endless number of beautiful women to keep them company. Sid Phillips meets a young girl, Gwen, whose grandfather makes sure he understands the rules of behavior when it comes to his granddaughter. Bob Lechie meets Stella Karamanlis on a tram and is soon taken in by her family who see in him the son they never had. Bob and Stella are soon lovers but the war and the never-ending pall of death casts a shadow on their relationship. John Basilone is awarded the Medal of Honor and soon realizes that he can no longer act like he did before. He also has to leave his men when he's asked to return to the US to help sell War Bonds.

Episode 4: Gloucester/Pavuvu/Banika
Original Air Date—4 April 2010
The men of the 1st Marine Division leave Melbourne and on the day after Christmas 1944, land on the beach at Cape Gloucester. They encounter little initial resistance - reminiscent of their landing at Guadalcanal - but the jungle and the weather work against them. It rains almost constantly affecting the men's morale and their health. Bob Lechie has been assigned to the battalion Intelligence officer but like the others, feels that the jungle is closing in on him. They are eventually evacuated to Pavuvu where Lechie falls seriously ill. He spends some time at the hospital in Banika before eventually returning to his unit. Back in the US, Eugene Sledge undergoes training at a Marine camp in California.

Episode 5: Peleliu Landing
Original Air Date—11 April 2010
Basiloneʼs celebrity grows as he travels across the country on the war bonds tour. On Pavuvu, Sledge, assigned to the 5th Marines, 1st Marine Division, is briefly reunited with Phillips and Leckie rejoins his company. Sledge then gets his first taste of combat as he, Leckie, and the rest of the 1st Marine Division meet fierce Japanese resistance while landing on the intricately and heavily defended coral island of Peleliu.

Episode 6: Peleliu Airfield

Original Air Date—18 April 2010
The battle on Peleliu goes on as the Marines continue towards the airfield. It's only the second day of fighting on the island but water is in short supply and the heat is excruciating. They are under constant bombardment from Japanese artillery located in the Peleliu Hills but the only way they can get there is to cross the airfield, a vast, open expanse. Bob Lechie is wounded and subsequently evacuated to a nearby ship. Sledge proves to be a steady hand in the battle. Back in the USA, Sid Phillips drops in on Eugene Sledge's parents

Episode 7: Peleliu Hills
Original Air Date—25 April 2010
Although they now control the airfield, the battle continues on Peleliu with the Marines trying to dislodge the Japanese from their hillside fortifications. The Japanese are well entrenched and are proving difficult to get at. Sledge continues to do his job well, but is profoundly shaken by the death and destruction all around him. All of the men are affected when one of their officers is killed. Back in the US, John Basilone is still making public appearances and selling war bonds.

Episode 8: Iwo Jima
Original Air Date—2 May 2010
The men have been relieved on Peleliu and return to Pavuvu where they are resting and awaiting their next assignment. Sledge sees something being thrown out in the trash and decides to keep it. Back in the USA, John Basilone requests re-assignment from his bond promotion duties and is transferred to Camp Pendleton as an instructor. There he meets Sgt. Lena Riggi, who is in charge of the mess hall. She's no pushover and it takes several attempts before she will even go out with him. Basilone's enlistment is up in a few months and he must decide if he is going to return to civilian life or sign up for another tour and accompany his men to Iwo Jima, their next assignment. He and Lena decide they are going to make the most of the time they have together.

Episode 9: Okinawa
Original Air Date—9 May 2010
The 1st Marine division is now on Okinawa and coming ever closer to defeating the enemy. The weather and the heat are still proving to be difficult but the physical conditions reflect their own mental state. Constant stress from never-ending fighting results in a variety of reactions from the men. For the first time, the men also have to deal with the presence of Japanese civilians, who are being given safe passage through the US lines to safety in the rear. They arrived on Okinawa on April 1, 1945 and in early August they hear that a special type of bomb has been dropped on Japan.

Episode 10: Home

Original Air Date—16 May 2010
The war is over and the men wonder what the future might hold for them. Robert Lechie returns home to his cold family and gets his old job back. His main purpose is to see if he can start a relationship with Vera who lives across the street. Eugene Sledge makes it home some six months after VJ Day and is met by his old friend, Sid Phillips. Eugene is having trouble settling into civilian life and cannot quite understand why some men like himself survived with no physical injuries when so many others died. Lina visits John Basilone's parents and has something of John's she thinks they should have.

Sumber: http://jeffrymarius.blogspot.com/2010/09/pasific-movie-film-perang-pasific.html

0 komentar:

Posting Komentar