Cara Membuat Buku Tamu / Kotak Komentar


Buku tamu ( shoutbox ) biasa digunakan untuk chatting di blog. Banyak blogger yang menggunakan sarana shoutbox ini, karena bentuknya sangat dinamis dan interaktif antara yang punya blog dengan pengunjung bisa saling berkomunikasi. Menurut pengalaman saya selama memakai shoutbox di sidebar saya, beragam pesan yang masuk, ada yang memuji, ada yang ingin tukeran link, bahkan ada juga yang pernah mengkritik blog saya, katanya blog saya terlalu banyak kode HTML-nya sehingga blog menjadi berat, berat ga sih blog saya ? berat ga, berat ga..ah biar aja yang penting keren..

Kita akan menggunakan jasa www.shoutmix.com. Selain bagus, shoutmix ini tergolong yang paling banyak di gunakan para blogger. Tidak usah panjang lebar, langsung saja kita menuju TKP..

  1. Silahkan tuju browser sobat ke www.shoutmix.com
  2. Kemudian Klik tombol Create Shoutbox.


  3. Kemudian isikan data - data yang diperlukan.


  4. Setelah itu klik Control Panel.
  5. Pada gambar berikut, klik Get Codes.


  6. Atur lebar dan tinggi shoutmix, kemudian copy kode HTML kedalam notepad.


  7. Login ke Blogger dengan ID sobat.
  8. Klik Tata Letak.
  9. Klik Elemen Halaman.
  10. Pilih yang HTML / Javascript.
  11. Lalu copy paste kode HTML yang tadi sobat simpan di notepad ke dalam kolom kosong yang tersedia.
  12. Simpan.

Untuk mengatur bentuk shoutmix, sobat bisa tuju Settings -->> kemudian pilih Display -->> Style & Colors.




Sumber: http://miscah.blogspot.com/2009/07/cara-membuat-buku-tamu.html

2 komentar: