The Immortals, Pasukan Elite Persia

Achaemenid Persian Immortals, biasa disebut sebagai Persian Immortals atau The Immortals adalah pasukan elit tentara Persia, yang mengemban tugas ganda sebagai pengawal kekaisaran dan tentara tempur dalam ekspansi Kekaisaran Achaemenid dan dalam perang agung Persia dan Yunani. Heredotus menggambarkan The Immortals sebagai heavy infantry yang dipimpin olehj Hydarnes. The Immortals berkekuatan 10.000 prajurit, dan dijaga agar jumlahnya tidak berkurang satu prajurit pun. Setiap kali ada yang terbunuh, sakit atau cacat serius maka akan segera diganti dengan prajurit baru. Prajurit muda yang baru akan dilatih, masih diseleksi secara ketat, termasuk seleksi pohon keturunan, agama, bahasa dan bangsa. Yang dapat diterima sebagai prajurit baru hanyalah yang berasal dari bangsa Median, Elamite dan Persian.

Sejarah The Immortals
The Immortals berperan penting dalam kemenangan Kores yang Agung–menaklukkan kekaisaran Neo-Babilonia pada tahun 547 S.M, operasi oleh Cambyses ke Mesir tahun 525 S.M, dan invasi Darius yang Agung ke India dan Scythia pada tahun 520 S.M dan 513 S.M. Immortals juga berpartisipasi dalam Perang Marathon 490 S.M, perang Thermopylae 480 S.M dan serangan ke Yunani 479 S.M.

Herodotus membagi pasukan menurut senjata yang mereka bawa. Pasukan dibagi menjadi: Pasukan Perisai, Pasukan Tombak Pendek, Pasukan Pedang dan Belati, dan Pasukan Pemanah. Didalam jubah, mereka memakai baju pelindung yang melindungi seluruh tubuh dari persenjataan musuh. Mereka juga memakai tiara (tadinya dipakai oleh seluruh pasukan, namun kemudian hanya dipakai oleh pasukan yang menduduki jabatan lebih tinggi). Gagang tombak yang dibawa oleh pasukan pada umumnya terbuat dari perak, namun untuk jabatan yang lebih tinggi menggunakan gagang yang disepuh emas dibeberapa bagian. Semakin tinggi jabatan seseorang dalam pasukan tersebut, semakin banyak bagian yang disepuh. Maka untuk jabatan jendral besar atau kaisar yang ikut berperang, mereka membawa tombak yang gagangnya tebuat dari emas murni.




sumber : http://ariebrain.wordpress.com/2010/04/10/the-immortals-pasukan-elite-persia/

0 komentar:

Poskan Komentar