Makam Kaisar Shi Huan Dinasti Qin

Bangunan permakaman merupakan bagian penting dalam bangunan zaman kuno Tiongkok. Orang kuno Tiongkok pada umumnya menaruh perhatian pada pemakaman berdasarkan pandangan  orang mati, arwahnya hidup 

Bangunan permakaman merupakan salah satu kelompok bangunan yang paling megah dan paling besar di antara bangunan kuno Tiongkok. Permakaman itu biasanya dibangun di kaki gunung menurut topografi alam. Tetapi ada juga dibangun di tanah dataran. Pertamanan Tiongkok pada umumnya dipagari tembok, di depannya terdapat jalan dan di kedua tepi jalan didirikan patung-patung manusia dan binatang dan di sekitar pertamanan ditanam pohon cemara yang rimbun, sehingga meninggalkan rasa hening.

Bagi seorang kaisar yang telah meninggal maka kejayaan semasa ia hidup harus turut serta menemani arwahnya. Makam kaisar Shi Huan dari dinasti Qin adalah yang termegah. Dalam pembangunan komplek makamnya dibutuhkan biaya yang sangat besar. Namun kaisar pasca kaisar Shi Huan Raja-raja berikutnyaberpikir jauh lebih bijak dengan alasan ekonomis.

Makam Kaisar Shi Huang Di Dinasti Qin ( 221 SM-206 SM )
Makam Kaisar Shi Huang Di yang terletak di kaki Gunung Li Shan sebelah utara, Kota Xin, Provinsi Shaanxi dibangun pada dua ribu tahun yang silam, adalah makam terkenal di Tiongkok. Makam itu dengan arca prajurit dan kuda perang yang tampak gagah berani dan seni kerajinan yang mahir telah dicantumkan dalam  Daftar Nama Warisan Dunia  pada tahun 1987.
Di sekitar Kota Xi'an, Provinsi Shaanxi banyak terpusat makam kekaisaran Tiongkok. Selain Makam Kaisar Shi Huang Di, terdapat pula sebelas makam kaisar Dinasti Han Barat ( 206 SM-25 M ) dan delapan belas makam kaisar Dinasti Tang ( 618-907 ). 

 

Permakaman Kekaisaran Dinasti Ming dan Qing
Makam kaisar Dinasti Ming ( 1368-1644 ) dan Dinasti Qing ( 1616-1911) dipelihara paling sempurna dalam makam kekaisaran Tiongkok.
Makam Dinasti Ming terutama dibangun di Chang Ping, peluaran Kota Beijing, yaitu  Tiga Belas Makam Kaisar Dinasti Ming   merupakan kompleks permakaman tiga belas kaisar setelah Beijing dijadikan sebagai ibu kota Dinasti Ming.
Di antara bangunan makam yang ada sekarang di Tiongkok, Makam Timur Dinasti Qing yang luasnya 78 kilometer persegi berskala paling megah dan besar, sistem bangunannya juga paling sempurna, di mana dimakamkan lima kaisar, 14 permaisuri dan ratusan selir Dinasti Qing.

0 komentar:

Poskan Komentar