Jan Pieterszoon Koen: Gubenur Jenderal VOC yang banyak Bertempur

Lahir 8 Januari 1587, Jan Pieterzoon Koen adalah Gubenur Genderal liding raad van Indie kemudian menjadi kepala kantor dagang di Banten dan Jakarta. Ia adalah gubenur Jendral yang cukup unik karena ia adalah Gubenur Genderal pertama di Jawa dan menjabat dua kali sebagai Gubenur Jenderal VOC.Tahun 1672 J.P. Koen menjadi gubenur Jenderal untuk kedua kalinya. Ia memeiliki istri pada tahun 1625 bernama Eva Ment. 

Di era 1960-an ia dijadikan salah satu tokoh dalam pewayangan dengan nama plesetan Moer Djangkoeng. Plesetan ini dibuat sang dalang untuk menghindari kemarahan pihak Belanda di waktu masa penjajahan kalau mereka menamakan tokoh wayangnya dengan nama asli para Gubenur Jenderal, jadi sang dalang mengganti nama  asli yang sedapat mungkin namanya mirip denagn pribadi sosok yang digambarkannya. 

Dalam legenda cerita lama dikisahkan dalam lakon Baron Sekeber tokoh utamanya adalah Baron Sumukul yang terpikat pada “Putri yang berselondang menjala” yang berasal dari daerah Priangan, kemudian mereka mempunyai putra laki-laki yang diberi nama Mur Jangkung atau Jan Pieterszoon Koen yang kemudian mendirikan kota Batavia. 

J.P. coen sangat populer kala itu, wajahnya tertera dalam lembaran uang zaman VOC.  J.P. Koen meninggal dunia tahun 1629.

Disarikan dari: Jan Pieterszoon Koen. Mur Jangkung. Yogyakarta: Bentara Budaya. 2005.

0 komentar:

Poskan Komentar