CHRISTOPHER COLUMBUS Bukanlah Penemu Benua Amerika

Ridolfo Ghirlandaio Columbus.jpgSerba Sejarah -  CHRISTOPHER COLUMBUS dikenal sebagai tokoh penemu benua Amerika. Seorang penjelajah dan pedagang asal Genoa, Italia, yang menyeberangi Samudera Atlantik dan sampai ke benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492. Namun Colombus bukanlah orang pertama yang datang ke benua Amerika, diakui secara luas bahwa orang-orang Viking dari eropa utara telah terlebih dahulu tiba di benua Amerika pada abad ke-11. Lebih jauh tentang informasi penemuan benua Amerika bisa anda lihat disini.

Dalam sumber lain juga menyebutkan bahwa 70 tahun sebelum Christopher berlayar ke Amerika, telah lebih dulu laksamana muslim dari China bernama CHENG HO yang menginjakkan kakinya di Amerika : the new land. Disebutkan pula bahwa 5 abad sebelum Columbus mengaku ‘menemukan’ Amerika, terdapat fakta yang tak kalah pentingnya. Imigran muslim dari dinasti Umayyah di Andalusia telah lebih dulu menginjakkan kakinya di Amerika, tanahnya orang Indian. Tidak sampai disitu, imigran ini mendakwahkan Islam kepada suku-suku Indian di Amerika seperti Iroquois dan Alqonquin. salah satu imigran itu bernama Khasykhasy Ibn Said Ibnu Aswad. Informasi lengkap bisa anda baca di sini.

Informasi lain yang juga pernah saya baca menyebutkan bahwa sejak 889 M navigator khilafah Islam dari afrika dan Andalusia telah tersebar di Amerika, itu artinya 600 tahun sebelum Colombus tiba Muslim telah membangun peradaban, masjid-masjid di Amerika . Adalah Medeleine Cruen seorang peneliti Hizbut Tahrir Amerika (HTA), menerbitkan buletin yang bermarkas di Chicago yang kemudian menyebarkannya ke masjid di Amerika. Dalam sebuah konferensi Khilafah ia memaparkan teorinya. Sumber ini juga pernah saya tulis dalam blog ini, lebih lengkap bisa dibaca di sini.

Tulisan ini bukanlah untuk membandingkan sebuah teori namun sejarah haruslah memaparkan fakta, dari beberapa bukti di atas anda tentu dapat memberikan simpulan.

0 komentar:

Poskan Komentar