Kerajaan Kediri Penerus Nama Besar Mataram Kuno

Serba Sejarah - Pada tulisan sebelumnya tentang kerajaan Mataram Jawa Timur, sedikit saya bahas tentang silsilah raja-raja Mataram Jawa Timur yang generasi setelah Airlangga menjadi pendiri Kerajaan Kediri. Sepeninggal airlangga 1049, apa yang pernah dikawatirkan itu benar-benar terjadi. Penguasa jenggala panji garasakan dengan penguasa panjalu samarawijaya. Ketika panjalu/Kediri diperintah oleh jayabaya, jenggala berhasil ditaklukan. Dengan demikian jawa timur tinggal ada satu kerajaan yaitu panjalu/Kediri. Peristiwa pendudukan jenggala oleh Kediri dikisahkan dalam kitab baratayuda yang digubah oleh mpu sedah dan panuluh.

Raja-raja Kediri
  1. Jayarasa
  2. Bameswara
  3. Jayabaya
  4. Sarweswara
  5. Aryeswara
  6. Candra
  7. Kameswara
  8. Kertajaya.
Keruntuhan Kediri
Raja Kediri terakhir adalah raja kertajaya (1185 – 1222). Raja ini terlibat perselisihan dengan para brahmana, karena para brahmana diperintah untuk menyembah kepadanya. Para brahmana kemudian mencari perlindungan kepada ken arok yang waktu itu juga berselisih dengan kertajaya karena tidak mengakui ken arok sebagai akuwu tumapel. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh ken arok untuk memberontak. Tahun 1222 Ken Arok berhasil mengalahkan Kertajaya. Dengan kekalahan Kertajaya maka berakhirlah riwayat kerajaan Kediri.

Bidang Kesusastraan

Kesusastraan zaman Kediri mengalami perkembangan sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah karya sastra yang ada pada waktu itu, missal :
  1. Baratayudha disusun oleh mpu sedah dan panuluh
  2. Krenayana disusun oleh mpu triguna
  3. Gatutkacasraya ditulis oleh mpu panuluh
  4. Hariwangsa ditulis oleh mpu panuluh
  5. Smaradhana ditulis oleh mpu dharmaja
  6. Lubdaka dan warsantcaya oleh mpu tan akung
  7. Sumana santaka ditulis oleh mpu monaguna.

1 komentar:

  1. kurang lengkap karena yang saya cari adalah silsilah kerajaan kediri jadi tolong dilenkapi kalau bisa.

    BalasHapus