Standart Kompetensi Guru

Serba Sejarah - Walaupun bukan faktor utama, namun keberhasilan proses pembelajaran di kelas sangat ditentukan oleh guru. Guru merupakan sumber inifiatif, fasilitator yang dapat menentukan proses belajar siswa di kelas. Harus disadari bahwa saat ini guru bukanlah sumber belajar satu-satunya, kemudahan teknologi membuat siswa tahu lebih awal. Atas dasar tersebut penting bagi guru untuk meningkatkan kompetensi untuk mencapai tujuan pendidikan. Selain kemampuan pedagogik berikut ini beberapa standart yang harud dimiliki oleh guru:

  1. Standar intelektual: guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai agar dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan profesional.
  2. Standar fisik: guru harus sehat jasmani, berbadan sehat, dan tidak memiliki penyakit menular yang membahayakan diri, peserta didik dan lingkungannya.
  3. Standar psikis: guru harus sehat rohani, artinya tidak mengalami gangguan jiwa ataupun kelainan yang dapat mengganggu pelaksanaan tugas profesionalnya.
  4. Standar mental: guru harus memiliki mental yang sehat, mencintai, mengabdi, dan memiliki dedikasi yang tinggi pada tugas dan jabatannya.
  5. Standar moral: guru harus memiliki budi pekerti luhur dan sikap moral yang tinggi.
  6. Standar sosial: guru harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan bergaul dengan masyarakat lingkungannya.
  7. Standar spiritual: guru harus beriman kepada Allah yang diwujudkan dalam ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

Poskan Komentar