ABSTRAK
WIDYA ARISTA DEWI 2010. Analisis Kualitas LKS Mata Pelajaran  IPS   Sejarah Kelas VIII Semester II di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah   Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.   Mashuri, M.Hum.
Kata Kunci: kualitas LKS IPS sejarah SMP kelas VIII   semester II, aspek kelengkapan komponen, aspek fisik LKS, aspek   isi/materi, aspek bahasa.
 
Berdasarkan observasi di lapangan, saat ini sekolah tidak lagi   mewajibkan siswanya untuk membeli buku teks. Siswa hanya diwajibkan   untuk membeli buku pendamping belajar siswa yang sering disebut LKS   sebagai pengganti buku teks. Hal ini dikarenakan harga LKS tersebut   lebih murah dibandingkan dengan harga buku teks sehingga tidak   memberatkan orang tua siswa untuk membelinya. Kesadaran akan banyaknya   permintaan terhadap LKS menyebabkan banyak
penerbit swasta menyusun dan menerbitkan LKS yang akan dipakai sebagai   pegangan wajib bagi siswa. LKS yang dipakai disekolah-sekolah tersebut   sebagian besar belum dianalisis kualitasnya oleh guru mata pelajaran   termasuk guru sejarah. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu   penelitian untuk menganalisis kualitas LKS tersebut mengingat begitu   pentingnya LKS dalam proses belajar mengajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah   kelengkapan komponen dalam LKS IPS Sejarah kelas VIII semester II di   kota Malang?, (2) bagaimanakah kualitas fisik LKS IPS Sejarah kelas VIII   semester II di kota Malang?, (3) bagaimanakah kualitas aspek  isi/materi  LKS IPS kelas VIII
semester II di kota Malang?, (4) bagaimanakah kualitas aspek bahasa LKS IPS kelas VIII semester II di kota Malang?.
Rancangan penelitian menggunakan penelitian deskriptif analisis isi.   Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dari LKS IPS   Sejarah yang digunakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di kota    Malang. LKS IPS Sejarah yang dipilih sebagai sampel adalah “CH”, “CR”   dan “ES”. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode   dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data   deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS IPS Sejarah “CH”,  “CR”,  dan “ES” adalah cukup baik. Meskipun demikian, kualitas LKS IPS   Sejarah “CR” lebih unggul dibandingkan dengan dua LKS IPS Sejarah yang   lainnya dengan rincian : 1) Kualitas aspek kelengkapan komponen ketiga   LKS
IPS Sejarah tersebut adalah baik yaitu 90,90%, 2) Kualitas aspek fisik   LKS IPS Sejarah “CH” adalah kurang baik (54,76%), “CR” adalah cukup baik   (66,67%), sedangkan “ES” juga cukup baik (67,85%), 3) Kualitas aspek   isi/materi LKS IPS Sejarah “CH” adalah  kurang baik (51,28%), LKS IPS   Sejarah “CR” adalah cukup baik (69,23%), sedangkan LKS IPS Sejarah “ES”   juga cukup baik (61,56%), 4) Kualitas aspek bahasa LKS IPS Sejarah “CH”   adalah cukup baik (63,63%), “CR” adalah cukup baik (60,6%), sedangkan   “ES” juga cukup baik (60,6%). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahawa   dalam penggunaan ketiga LKS IPS Sejarah tersebut harus diengkapi dengan   buku-buku penunjang lain yang relevan.
Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan kepada guru agar  dalam  proses belajar mengajar tidak hanya menggunakan LKS IPS Sejarah  saja.  Diperlukan buku-buku penunjang lainnya, karena pada dasarnya LKS  IPS  Sejarah sifatnya hanya sebagai buku penunjang atau pelengkap buku  teks.  Bagi  peneliti lain diharapkan melakukan penelitian yang sejenis  untuk  menambah dan melengkapi penelitian tentang LKS IPS Sejarah.
 
0 komentar:
Posting Komentar