Prosedur yang dilakukan untuk mengkonfigurasi Network Adapter Card (bisa dilihat di gambar seperti diatas). 
 1.      Click Start à Setting à Control Panel sampai keluar kotak dialog Control Panel (seperti terlihat digambar dibawah ini)
 2.      Double-Click Icon Network Connection sampai keluar kotak dialog Network Connection
 3.      Double-click  Icon Local Area Connection sampai keluar kotak dialog Local Connection Area Status
 4.      Click Properties sampai keluar kotak dialog Local Area Connection Properties
 5.      Double-Click  Internet Protocol (TCP/IP) yang ada di dalam kotak dialog Local Area  Connection Properties sampai keluar kotak dialog baru : Internet  Protocol (TCP/IP) Protocol
 Masukkan  data-data IP Address seperti gambar diatas. Data IP Address setiap UAD  akan berbeda-beda dan unik (tidak boleh sama antara satu AUD Kampus III  dengan UAD Kampus lain ). Data IP Address ini, nanti akan diberikan saat instalasi Broadband selesai (saat aktifasi jaringan)
 Data-data IP Address yang paling diperlukan oleh setiap PC yang akan disetting di setiap remote UAD adalah sbb :
 1.      Default Gateway à IP Address dari modem Broadband. Diberikan menyusul saat aktifasi.
 2.      IP Address à IP Address ini merupakan satu class dengan IP Modem Broadband (IP Default Gateway) nantinya.
 3.      Subnet Mask à Data Blok IP yang akan diberikan, mestilah meng-ingclude-kan data Subnet Mask ini.
 4.      Setelah data-data setting TCP/IP ini dimasukkan, click OK untuk menutup kotak dialog Internet Connection (TCP/IP) Properties
 5.      click OK untuk menutup kotak dialog “Local Area Connection Properties” 
 6.      Click Star à Run à sampai keluar kotak dialog RUN, dan ketikkan CMD sampai keluar kotak dialog baru “command”
  7.      Di kotak dialog “Command” tadi, ketikkan : ipconfig
 Jika Ethernet dari computer belum tersambung dengan LAN, akan keluar hasil seperti gambar dibawah.
  7.1.      Jika dilakukan test PING saat kondisi Komputer belum tersambung ke LAN, akan didapat hasil seperti gambar dibawah.
  7.2.      Setelah  computer tersambung ke LAN, ketik IPCONFIG /ALL untuk melihat IP  Address yang terpasang di Komputer user tersebut. Hasilnya bisa dilihat  seperti gambar dibawah ini.
  Jika didapatkan hasil ping test (Request timed out), Kemungkinan ada problem di jaringan Lokal.
  Kemungkinan problem ada bisa dari sbb :
 -         Konektor kabel jaringan (kabel LAN) terpasang kurang kencang. à Kencangkan koneksi pemasangan kabel LAN ke port Hub Ethernet dan ke Card PC LAN
 -         Kabel LAN yang tidak bagus (ada pin-pin koneksi kabel yang putus ditengah)  Ganti dengan kabel LAN lain yang bagus
 -      Port Hub Ethernet yang tidak bagus (longgar atau bad contact) à Coba pindah port 
 Jika didapatkan hasil ping test seperti gambar diatas (Reply from x.x.x.x ), bisa dipastikan bahwa jaringan beroperasi dengan normal.
   Setiap user jaringan di remote UAD, diharapkan paling tidak, bisa  melakukan action seperti diatas. Target user di UAD adalah memastikan  jaringan local LAN terhubung dengan IP Ethernet dari Modem Broadband  yang merupakan Gateway jaringan UAD menuju Jaringan Server UAD  Pusat dan Internet.
 Jika PC user telah bisa melakukan ping test seperti diatas, dan mendapatkan hasil Reply from x.x.x.x à (Ip modem), maka bisa dipastikan jaringan LAN di UAD tersebut tidak ada masalah. 
 Setelah  memastikan di jaringan LAN tersebut tidak bermasalah, user di UAD  diarahkan untuk melakukan TEST PING IP Address Server Pusat. Cara  melakukan test ping ini sama dengan melakukan test ping IP Modem di  jaringan local. Perbedaannya hanya di IP ADDRESS yang akan di ping  dimasukkan IP Address computer yang ada di kantor pusat, atau IP Address  yang ada di internet. Selanjutnya dilakuka test aplikasi – aplikasi  internet. 
Baca juga setting jaringan komputer di windows 7 di sini.
Sumber: http://aaeza.wordpress.com/
 
0 komentar:
Posting Komentar