Potensi Batik Pamekasan

Batik tulis merupakan bagian dari khasanah kekayaan bangsa. Beragamnya jenis dan motif batik merupakan indikator bahwa batik merupakan warisan yang telah membudaya dalam masyarakat Indonesia. Bahkan UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. 

Setelah saya coba akses beberapa sumber, memang agak sulit untuk menuliskan kembali asal usul batik Pamekasan. Jika anda tertarik dengan sejarah batik bisa anda baca di posting sebelumnya tentang Sejarah batik di Indonesia. Terlepas dari itu semakin bergairahnya industri batik di pamekasan saat ini, untuk menguatkan  sejarah bahwa batik merupakan bagian dari budaya masyarakat Pamekasan. Didukung pula dengan Pencanangan Pamekasan sebagai kota batik. Industri yang sempat mengalami pasang surut kini menjadi pangsa pasar yang menjanjikan. Home Industri, istilah ini mungkin cocok untuk menggambarkan industri batik tulis pamekasan saat ini, karena masih beroperasi dengan jumlah produksi yang terbatas.

Bagi anda yang kebetulan berkunjung ke pamekasan tidak ada salahnya mencoba wisata budaya yang satu ini. Mengunjungi langsung sentra-sentra industri batik tulis yang ada di Pamekasan. Seperti di desa Klampar dan Toket di kecamatan Proppo, desa Toronan kecamatan Kowel atau anda bisa ke desa Banyumas. Industri batik tulis Pamekasan memang tidak memproduksi dalam skala besar namun memberikan jaminan kualitas. Jika anda hanya ingin membeli batik tulis Pamekasan saya rekomendasikan anda ke pasar 17  Agustus, bagi yang memiliki kocek lebih bisa coba di  gerai di Pasar Batik di Jalan Jokotole atau anda bisa hunting di seluruh gerai batik yang ada di Pamekasan.

Beberapa contoh motif batik tulis Pamekasan



 





0 komentar:

Poskan Komentar