Tips Mengatasi Masalah USB Device Not Recognized Pada Windows 7

Terkadang saat kita mencolokkan USB flashkdisk ke port USB akan muncul notifikasi USB Device Not Recognized. Tidak hanya dengan flashdisk, terkadang juga muncul saat mencolokkan kabel handphone, kamera, modem dan lain2 yang berhubungan dengan USB port.
USB-device not recognized
Windows 7 menganggap peripheral anda tersebut mengalami malfungsi (gagal fungsi) sehingga mengeluarkan notifikasi. Nah bagaimana cara mengatasinya?
Ikuti petunjuk berikut:

Langkah 1:
Klik Start dan ketik dan jalankan Devmgmt.msc, kemudian akan terbuka Device Management. Pilih Komputer anda sebagai lokasi untuk melakukan scanning hardware. Klik kanan pada Computer dan klik scan untuk proses pencarian hardware yang terpasang.
Scan for hardware changes
Kemungkinan besar Windows akan dapat mendeteksi masalah dan mengenali USB drive Anda. Jika anda masih menghadapi masalah, coba langkah 2.

Langkah 2:
Klik Start, ketik dan jalankan Devmgmt.msc, akan terbuka jendela Device Management. Pilih pada USB Root seperti pada gambar di bawah, klik kanan pada USB yang terdapat pesan Unknown Device.
11
Pilih properti dari menu klik kanan dan pilih tab Power Management. Klik untuk menghapus "Allow the computer to turn off this device to save power" centang kotak yang ada, kemudian klik OK. Sekarang dari menu Tindakan, klik Scan untuk perubahan hardware seperti yang dimaksud pada pada langkah 1.
Power Management
Windows akan mulai menscan kembali perangkat USB anda.

Langkah 3:
Jika anda masih mengalami masalah, matikan komputer, lepaskan USB, cabut baterai (untuk laptop), atau mencabut daya listri (untuk desktop), biarakan mati sekitar 10-15 menit. Hidupkan kembali komputer anda dan masukkan kembali USB. Seharusnya sampai tahap ini Windows sudah dapat mengenali USB anda. Jika belum kemungkinan terdapat kerusakan pada USb anda.

0 komentar:

Poskan Komentar