CARA MEMBUAT MILIS (MAILING LIST)

ilis adalah sebuah grup pengguna E-mail (elektronic mail), dimana setiap anggota dapat saling berdiskusi dengan anggota lain melalui grup email yang dikenal diengan MILIS. Prinsip kerja Milis yaitu pengiriman pesan satu kali oleh anggota ataupun pemilik milis, maka pesan tersebut akan diteruskan ke semua anggota yang lain oleh milis tersebut. Jadi sangat cocok sebagai sarana berdiskusi dan belajar kelompok secara Online melalui media E-Mail. Milis bisa kita buat dari beberapa grup webmail (email berbasis web dan gratis) seperti Yahoo, dan Google.

Berikut ini, saya akan mencoba menuliskan langkah sederhana dalam membuat sebuah grup MILIS (Mailing List)dari google dengan nama grup milis yaitu NOVITIK (Milist 146).
Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka browser kesayangan anda, misalnya mozilla.com
2. Kemudian kunjungi situs Google.co.id
3. Lihat di bagian atas, terdapat menu utama google, lalu sobat klik menu Selengkapnya, kemudian klik GRUP (Klik pada gambar untuk memperbesar)


4. Setelah muncul Google groups, lakukan LogIn/masuk ke akun anda (lihat gambar bawah)


5. Masukkan Username/nama pengguna/email anda dan juga password/sandi ke tempat yg disediakan, lalu klik Masuk/login


6. Klik Buat Grup


7. Isi Biodata Milis sesuai dengan yang anda inginkan dan klik Buat Grup Saya


8. Masukkan kode Verifikasi yang berwarna Hijau ke kotak bawahnya, lalau klik Buat Grup Saya


9. Undang anggota untuk bergabung di milis grup, dengan cara ketik alamat email teman dan ketik pesan undangan (atau klik Abaikan langkah ini, jika anda tidak ingin mengundang sekarang)


10. Klik kunjungi grup baru anda, sekarang milis grup anda sudah jadi


11. Setelah masuk ke beranda, Klik "Mulai Topik Diskusi Baru" untuk membuat topik baru


12. Ketik Judul topik/tema yang akan dijadikan bahan diskusi dan ketik juga Isi pesannya, kemudian klik Poskan pesan. (pesan ini akan dikirim secara massal ke semua anggota)


13. Pesan anda sudah dikirim ke Milis (klik kembali ke grup)


14. Setelah muncul beranda, maka Topik diskusi yang sobat buat sudah muncul.


15. Untuk membalas dan mulai berdiskusi melalui topik tersebut, klik pada Topik, kemudian balas, maka semua anggota akan mendapatkan balasan pesan tersebut.


16. Jika sudah selesai menggunakan, maka jangan lupa sobat untuk Log Out dari halaman milis, agar tidak digunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.


Sumber: novitik.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar