TEMPAT PEMBACAAN PROKLAMASI INDONESIA

Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia semula direncanakan dibacakan diLapangan IKADA (Ikatan Atletik Djakarta), Lapangan IKADA sekarang terletak di sebelah tenggara Lapangan Monas. 

Namun dari perkembangan situasi dan kondisi, dimana disekitar Lapangan IKADA dan tempat-tempat strategis lainnya di Kota Jakarta dijaga ketat oleh serdadu Jepang, akhirnya Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dibacakan di depan rumah kediaman Ir. Soekarno, di Jl. Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta (Sekarang Jl.Proklamasi Jakarta) pada hari Jumat 17 Agustus 1945 pukul 10.00 Wib (Pertengahan bulan Ramadhan). Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagaibereikut:
“Saudara-saudara sekalian, saya telah meminta saudara-saudara hadir disini untuk menyaksikan suatu peristiwa maha penting dalam sejarah bangsa kita. Berpuluh-puluh tahun kita baqngsa Indonesia telah berjuang untuk kemerdekaan Tanah Air kita. Bahkan telah beratus-ratus tahun gelombang aksi kita untuk mencapai kemerdekaan itu ada naiknya dan ada turunnya, tetapi jiwa kita tetap menuju ke arah cita-cita. Juga di dalam zaman Jepang usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak ada henti-hentinya.
Didalam zaman Jepang ini, tampaknya saja kita menyandarkan diri kepada mereka, tetapi pada hakikatnya kita telah menyusun tenaga kita sendiri, tetapi kita percaya pada kekuatan sendiri. Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib Tanah Air kita dalam tangan kita sendiri.
Hanya yang berani mengambil nasib dalam tangannya sendiri akan dapat berdiri dengan kuatnya. Maka kami tadi malam telah mengadakan musyawarah dengan pemuka-pemuka rakyat Indonesia. Permusyawaratan itu telah seia-sekata berpendapat bahwa sekaranglah datang waktunya untuk menyatakan kemerdekaan kita.saudara-saudara, dengan ini kami menyatakan kebulatantekad itu.
DengarlahProklamasi Kami:

                    Proklamasi
Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, dielenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Jakarta, hari 17 bulan 8 tahun 1945
                    Atas nama bangsa Indonesia,
                  Soekarno-Hatta

Demikianlah saudara-saudara, kita sekarang telah merdeka. Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita. Mulai saat ini kita menyusun negara kita. Negara Merdeka Negara Republik Indonesia Merdeka, kekal dan abadi, Insya Allah Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu.
Sumber: http://aalmarusy.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar